Tenggara_CupTahun 2015 ini komunitas Maluku Tenggara di Belanda menyelenggarakan kejuaraan sepakbola di Rijssen. 13 Juni ini untuk ketigatahun berturut komunitas #keturunan memperebutkan dua kategori usia.

Undangan
Eka Tanjung menerima kabar tentang turnamen Tenggara Cup ini dari kawan Facebook bernama Ronny Rahajaan. Dia memberitahukan lewat Whatsapp:”Bung, kami akan menyelenggarakan turnamen sepakbola Tenggara Cup, 13 Juni 2015 ini di Rijssen,” demikian Ronny membuka chat kami pagi itu.

Ronny adalah salah satu dari delapan orang panitia, turnamen sepakbola dari komunitas berlatar belakang Indonesia itu.
“Bagi kami yang berasal dari Maluku Tenggara sangat penting untuk bisa baku dapat minimal setahun sekali.”

Generasi ketiga dan ke empat Maluku Tenggara sudah sibuk dengan kegiatan sehari-hari sekolah dan bekerja. Dengan turnamen ini diharapkan ada momentum beberapa jam berjumpa dan bermain sepakbola.

“Dengan sepakbola ini kami berharap anak cucu dari generasi pertama orang Maluku yang ke Belanda ini bukan saja berolahraga, tetapi juga menyadari asal usul mereka. Akar mereka.”

Kampung
Para peserta berasal dari tujuh perkampungan yang banyak konsentrasi warga Maluku Tenggara. Zwolle, Helmond, Niestelrode, Rijssen, Zevenaar, Kuijk dll. Ichtus Rahanra, juga dari Maluku Tenggara menyampaikan bahwa tahun 2015 ini adalah edisi ke tiga Turnamen sepakbola yang sengaja memilih nama Tenggara Cup.

“Walaupun namanya Tenggara Cup, tapi ini bukan hanya untuk orang-orang Maluku Tenggara saja. Semua orang bisa ikut serta. Bahkan kalau ada team dari Indonesia pun boleh ikut main dengan kami.”

Demikian ungkap Ichtus Rahanra trainer-coach Futsal yang baru saja mengantar team Zaalvoetbal Excelsior’31 meraih promosi ke tataran lebih tinggi Topklasse E, di kompetisi regional.

Persaudaraan
Eka Tanjung dari Sepakbolanda melihat inisiatif kawan-kawan Maluku Tenggara di Belanda ini, sebagai kegiatan yang sangat baik. Sebab kebersamaan ini bisa menularkan kesadaran akan akar dan asal usul setiap bangsa. Bahkan tidak tertutup kemungkian, para bakat dari sekolah sepakbola di Indonesia bisa mengikuti turnamen ini. Selain untuk tujuan prestasi olah raga, juga sebagai penyambung tali persaudaraan.

7 lawan 7
Tahun ini Tenggara Cup digelar pada 13 Juni dan berlokasi di kompleks De Koerbelt milik klub sepakbola Excelsior’31 di Rijssen. Mempertandingkan kelompok usia 8 – 12 Tahun. Dan dewasa. Pertandingan mempertemukan dua team yang terdiri dari 7 pemain setiap team.

Maluku-Tenggara CUP 2014 Nisterode from fanznoize on Vimeo.

Turnamen ini sudah dua kali digelar. Pertama pada 1 Juni 2013 di Sportpark Hoge Laar Zwolle. Setahun kemudian 2014 di Niestelrode (lihat video). Setiap acara tidak hanya terhenti sampai lapangan hijau dengan air putih, tetapi sampai larut malam. Acara dipuncaki dengan party di malam hari diprakarsai Yayasan Teripang.

Baik Ronny Rahajaan maupun Ichtus Rahanra mengundang Eka Tanjung dari Sepakbolanda untuk hadir pada acara ini.