12096088_10208110879993470_1751787415570200613_nMusim kompetisi 2015-2016 ini TanjungPro membimbing Adam Putra Firdaus pemain muda sepakbola Indonesia untuk mengikuti  liga sepakbola di Belanda. Kesempatan emas bagi anak Jakarta ini untuk mendalami sepakbola di Negeri Johan Cruyff dan Wiel Coerver.

“Wah Belanda ini seperti surganya sepakbola,”  kata Adam dengan wajah ceria ketika menyaksikan enam lapangan sepakbola di klubnya sc Buitenboys. Selama setahun kedepan anak Jakarta ini merasakan semua aspek kehidupan masyarakat dan sepakbola Belanda.

Berlatih sepakbola bersama teman-teman seusia dalam liga junior resmi Belanda, kelompok usia kelahiran (1999 dan 2000). Mengikuti pendidikan formal di sekolah menengah juga merupakan bagian dari program selama setahun.

Sebagai gambaran kegiatan sepakbola Adam di Belanda, bisa disaksikan di video karya Junito Drias, di bawah ini.

Proses Belajar

Eka Tanjung konsultan pendidikan sepakbola usia dini memfasilitasi proses belajar Adam selama di Belanda. Mencarikan sekolah terbaik, mendaftarkan ke klub sepakbola sesuai skills dan ketrampilannya. Selain perkembangan edukasi dan sepakbola, TanjungPro juga memberikan pembekalan bimbingan ketrampilan sosial dan mental untuk berbaur dengan rekan-rekan sebaya di sekolah, di klub sepakbola dan juga di pergaulan dengan masyarakat Belanda.

Dari pengalaman selama 30 tahun di Belanda, Eka Tanjung bisa menyimpulkan bahwa Belanda merupakan negara yang cocok bagi para pemain muda untuk  mendalami dan membuka kesempatan menjadi pemain sepakbola yang handal.

Adam adalah pemain muda pertama Indonesia yang mengikuti liga di Belanda, di bawah program bimbingan TanjungPro. Dengan doa dan restu kedua orang tuanya, Asma Nadia dan Isa Alamsyah, bocah kelahiran 1 November 2000 ini memiliki semangat dan kesungguhan dalam menimba ilmu di Belanda. Penguasaan bahasa Inggris yang bagus memudahkan dirinya untuk berkomunikasi dengan rekan, staf dan pelatih di SC Buitenboys.

Adam sc Buitenboys

Evaluasi Adam dengan coach Peter Bakker dan Gerard Scheunhage dari sc Buitenboys

Rob Mueller, pimpinan direksi sc Buitenboys sangat terbuka dan senang akan kehadiran pemain baru dari Indonesia. “Adam anak yang mudah bergaul dan menyenangkan. Dia bisa membaur dengan kami. Kami senang bekerjasama dengan TanjungPro.”

Peter Bakker dan Gerard Scheunhage, pelatih team B1 SC Buitenboys sangat serius dalam membesut para pemainnya. Bahkan untuk Adam, mereka memberikan perhatian khusus. Kerap kali mereka mengajak Adam berbicara enam mata dalam mengevaluasi perkembangannya.

Banyak perbedaan mendasar yang tampak pada pemain Indonesia dan pemain Belanda. Selain stamina fisik, ketrampilan dan taktik dalam membaca permainan. Indonesia dan Belanda memiliki perbedaan yang mendasar.

TanjungPro menjaga agar Adam merasa nyaman, aman dan bisa maksimal menjalani kehidupan selama setahun jauh dari keluarga. Dengan segala kerendahan hati, sejauh ini berjalan dengan baik. Pekan lalu Adam bahkan berujar, “oom, tidak terasa ya sekarang Adam sudah dua bulan di Belanda. Hari Jum’at ketemu Jum’at rasanya cepat sekali.”

Ungkapan sederhana itu merupakan pertanda bahwa program TanjungPro ini sejauh ini mencapai tujuan. Adam bisa merasa nyaman dan gembira. Apalagi menyaksikan ketrampilannya semakin baik, dan bermain sepakbola dengan enjoy.

Bagi kawan yang tertarik untuk mengikuti jejak Adam, bermain di liga sepakbola di Belanda, bisa menghubungi kontak di bawah ini.

Eka_Tanjung_Kontak_600