IMG_8717Giovanni van Bronckhorst dipercaya menjadi pelatih tim utama Feyenoord Rotterdam. Pemain legendaris Belanda keturunan Indonesia ini merasa terhormat mendapat kepercayaan menggantikan Fred Rutten yang meletakkan jabatan per akhir musim ini. Dengan penunjukkan ini penulis menduga, Giovanni sudah mulai meracik strategi.

Van Brockhorst menandatangani kontrak dua tahun di de Kuip sampai Juni 2017. Dia didampingi asisten Jean-Paul van Gastel dan seorang pelatih senior yang masih akan diumumkan. Giovanni sendiri menyatakan bangga mendapat kesempatan ini. “Saya bangga dipercaya oleh klub, tempat saya memulai sepakbola usia 8 tahun dan menempuh karir panjang, sekarang bisa kembali di sini sebagai pelatih utama.”,

Eka Tanjung  membaca berbagai tanggapan di media Belanda. Ada yang positif ada pula yang masih meragukan. Keraguan itu muncul karena pelatih keturunan Maluku itu belum punya pengalaman sebagai pelatih tim utama di liga tertinggi Belanda. Selama ini dia pernah menjadi pelatih Jong Feyenoord, tim yang biasa disebut U23.

Gio sendiri menyatakan siap menghadapi tantangan baru, setelah mengasisteni pelatih, Ronald Koeman dan Fred Rutten di Feyenoord, tahun-tahun belakangan ini.

“Ketika menjadi asisten, saya mendapat banyak pelajaran dari Ronald Koeman maupun Fred Rutten. Saat ini saya mendapat tantangan selanjutnya yang fantastis, saya sudah tidak sabar menanti,” ungkap Giovanni dikutip kotan de Telegraaf. Selanjutnya Gio menilai bahwa kepastian ini berdampak baik bagi klub .

“Bagus, klub sudah memberi kepastian untuk musim depan. Sekarang kami,  Jean-Paul, saya dan Fred Rutten terus berusaha maksimal untuk mengakhiri musim ini sebaik mungkin.”

Eka Tanjung menilai bahwa Giovanni van Bronckhorst sudah mulai meracik strateginya mulai 05 April 2015 ketika Feyenoord main tandang ke AZ Alkmaar. Bahkan tidak heran jika kemenangan Feyenoord atas PSV Eindhoven 2-1 pekan lalu sudah menjadi bagian dari porsie Gio. Dengan melakukan ‘pemanasan ini’  maka, minim pengalaman sebagai pelatih sudah mulai bisa dijembatani. Semoga Giovanni sukses bersama Feyenoord.