1-Vastleggen+in+volledig+scherm+12-3-2013+130319(1)Ribuan pemain sepakbola keturunan Indonesia di Belanda, bulan ini tidak bermain liga. Ada yang berlibur dan ada pula yang berganti klub. Joey Suk berpindah klub dari NAC Breda ke cinta lamanya Go Ahead Eagles (GAE)

Kompetisi Belanda mulai kembali 5 Agustus 2016. Saat para pemain sepakbola mengisi sendiri kegiatan selama ‘break’ beberapa pekan. Ada yang berlibur dan ada pula yang mengisi dengan hal-hal lain. Berikut ini beberapa perkembangan pemain keturunan Indonesia di Belanda.

Joey Suk
Pemain keturunan Indonesia kelahiran 9 Juli 1989 pidah klub dari NAC Breda ke klub lamanya Go Ahead Eagles. Kepergiaannya dari NAC bisa dimengerti karena klub Belanda Selatan terdegradasi dari liga tertinggi Eredivisie ke liga dua Eerste Divisie atau Jupiler Leaguea. Kalau bertahan di Breda berarti sebuah kemunduran bagi Joey Suk, secara pribadi. Gelandang box-to-box ini sejatinya digadang untuk bermain di timnas Indonesia, Garuda. Namun karena beberapa sebab, sampai hari ini keingin Suk dan pihak Indonesia belum bisa terrealisasi. Sampai hari ini Joey Suk belum memegang paspor Indonesia.

Suk menandatangani kontrak dua tahun. Kepindahan ke Go Ahead Eagles punya dua makna bagi Joey Suk . Pertama karena Go Ahead, mulai musim depan bermain di liga tertinggi de Eredivisie. Tahun lalu klub Deventer ini berlaga di Jupiler League dan berhasil meraih ticket promosi di liga tertinggi. Bermain di kompetisi paling atas berarti pula tantangan yang lebih besar. Dan namanya terus menjadi pantauan klub asing dan juga dari pihak PSSI jika memutuskan untuk menggunakan kontribusi pemain berdarah Indonesia. Langkah yang dilakukan oleh Suriname, Turki, Maroko dan Antila Belanda.

Aspek kedua dari kepindahan Joey Suk ke Go Ahead adalah ikatannya khusus dengan klub. Ia dianggap sebagai putra GAE, lahir dan besar di Deventer. Sejak kecil bermain sepakbola di klub terbesar kota itu. Keputusan untuk pindah ke Deventer tidak sulit karena semua fans masih tetap merindukan Suk kembali. Seperti halnya Diego Michiels, Suk adalah putra GEA. Semoga dengan kepindahannya ke Deventer bersama keluarganya bisa menjadikan permainan Suk membaik lagi. Dan semoga peluang dipanggil timas Indonesia semakin besar.

Links: