Schermafbeelding 2015-07-28 om 01.32.04

Kenneth bersama anak-anak asuhannya.

Giorginio Wynaldum gelandang serang Newcastle United yang baru, menuai pujian di pra-musim. Penampilan memukau pemain dari PSV dengan bandrol € 20 juta itu bukan hal baru bagi scout kelahiran Plaju Sumatra Selatan Indonesia.

Kenneth Butter sudah melihat bakat Giorginio (Gino) Wynaldum sejak masih usia 7 tahun. Kenneth yang sudah 20 tahun berprofesi sebagai scout atau pemburu bakat untuk klub Sparta Rotterdam itu melihat potensi luar biasa pada Giorginio kecil. “Gino sejatinya pendiam. Dia memiliki banyak masalah keluarga, ketika masih kecil. Tapi secara teknis sangat bagus.”

TanjungPro_Kenneth_01

Kenneth bersama bakat Indonesia

Kenneth, dengan kemampuan dan pengalamannya membesarkan bakat-bakat muda dan memberikan semangat serta suntikan mental agar Giorginio bisa tetap berlatih dengan baik. Umpamanya, ketika neneknya tidak bisa membawanya ke klub untuk training dan latihan karena alasan kendaraan, pria kelahiran Plaju 22 November 1957 itu dengan berbaik hati mengantar ke latihan dan kompetisi. Bahkan ketika Gino didapati belum mendapatkan sarapan, Kenneth kerap membawakan roti untuk bakat keci keturunan Suriname ini. Kenneth yakin akan bakat yang ada di anak ini, dan menyampaikan temuan ke Sparta Rotterdam. Pada akhirnya bocah ini diboyong ke akademi Sparta Rotterdam dan masuk dalam team asuhan Kenneth.

Sang Pendidik
Bimbingan itu terbukti menui sukses.  Musim 2003-2004 di Sparta, Kenneth dipercaya memegang tim berisikan bintang: Kevin Strootman (AS Roma), Lerin Duarte (Ajax, Heerenveen), Wynaldum (Newcastle United), Niek Viergever (Ajax).

Strootman
Satu lagi bintang sekarang yang juga ditemukan dan dibina oleh Kenneth Butter adalah Kevin Strootman. gelandang AS Roma. Yang saat ini masih dalam proses pemulihan dari cedera lutut. Seperti halnya Wynaldum, Strootman adalah hasil didikan Sparta Rotterdam. “Strootman adalah pemain dengan type mesin Disel. Dia mulai perlahan tapi ketika sudah panas, akan main luar biasa. Mental pantang menyerah.”

Team TanjungPro
Saat ini Kenneth Butter menjabat sebagai scout untuk Sparta Rotterdam dan merangkap sebagai penasihat teknis TanjungPro dalam memantau pemain berbakat Indonesia  di Belanda maupun pemain Indonesia yang menjalani Soccer Check-Up di Belanda.

Soccer Check-Up adalah penilaian atau rapport tentang kemampuan pemain berdasarkan standarisasi kompetisi di Belanda. Dari 64 points penilaian tentang skills, mental, taktik, teknis, bisa dilihat seorang bakat layak bermain di level amatir atau profesional. Untuk info lebih lanjut silakan menghubungi TanjungPro.