Ketika menyadari di luar Indonesia terkandung banyak stake holders sepakbola yang bisa mengangkat prestasi sepakbola Indonesia, maka Eka Tanjung dari Sepakbolanda merasa lega. Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia, PSSI mulai melirik ke luar negeri.

2014-04-21 13.43.10

Darren Sidoel dan Ezra Walian

Eka Tanjung dari Sepakbolanda sejak 20 tahun ini memantau pemain, pelatih dan pencari bakat  keturunan Indonesia yang aktif di liga-liga Belanda. Jumlahnya sangat fantastis, potensi yang luar biasa untuk bisa mengangkat sepakbola Indonesia dari jurang keterpurukan dan dari jurang keketerbelakangan.

Setelah melakukan penjajakan dengan Ezra Walian, striker muda dari Jong Ajax. Mungkin ada baiknya jika memperhatikan pemain dan pelaku sepakbola lainnya. Inilah daftar pemain yang bisa dijajaki.

Dengan menyadari bahwa, zaman sekarang ini prestasi timnas sepakbola sebuah negara merupakan pencerminan kekokohan dan pamor negara bersangkutan.

keturunan_steenvoorden_01

Houtkoop, Steenvoorden dan Rijsdijk

 

Mudah Memajukan Sepakbola Indonesia
Sebenarnya sangat sederhana mengangkat derajat timnas Indonesia. Cukup mencari pemain, pelatih, staf dan scout bagus di negara-negara maju sepakbola untuk membesarkan dan mengkat sepakbola Indonesia.

Eka Tanjung dari sepakbolanda yang sudah 30 tahun domisili di Belanda dan selama itu pula melihat perkembangan banyak pemain keturunan Indonesia. Sudah lama terbesit dalam benak, untuk melakukan apa yang sekarang ditempuh Filipina. Sejatinya gagasan ini sudah lebih lama dari Filipina.

Kalau pemain terbaik keturunan Indonesia yang masih mungkin memperkuat timnas Garuda dikumpulkan, maka penulis menduga, muncul timnas papan atas Asia.

Pemain:
Joey Suk
Jeffry Rijsdijk
Gaston Salasiwa
Kenny Anderson
Navaronne Foor
Benjamin van Leer
Ezra Walian
Thom Haye
Mark van der Maarel
Ard van Peppen
Keziah Veendorp
Tom Hiariej
Kevin Diks
Calvin Verdonk
Levi Opdam
Julian Jenner
Darren Sidoel
Dll

Pelatih:
Ricardo Moniz
Gio van Bronckhorst
Guus Griët
André Wetzel
Sonny Silooy
Jos Luhukay
Stanley Brard
Roy Hendriksen
dll

Scouting pemburu bakat:
Kenneth Butter (SPARTA Rotterdam)
Karel Wattimury (FEYENOORD Rotterdam)
Patrick Ladru (AJAX Amsterdam )

dll

Itu hanya secuplik saja dari ratusan stake holders sepakbola keturunan Indonesia di Belanda. Dengan modal tambang pemain yang kita miliki di luar negeri maka tidak heran kalau kita bisa menghajar Malaysia, Thailand, dan Filipina. Bukan mimpi kita bisa menjadi juara AFF Senior yang gagal kita dapatkan pada 2010 dan 2016 lalu.

Sekarang tinggal kemauan saja, siapa yang siap untuk menjajaki ke sana, penulis dari Belanda siap bulusakan dan mengumpulkan nama-nama pemain yang dibutuhkan. Tunggu apa lagi? Tangan sudah kami ulurkan.

Daftar Pemain Keturunan Indonesia di Belanda.